Wednesday, December 26, 2012

Mencoba untuk mengerti tentang KASIH yang sebenarnya


Saat ini aku sedang duduk ..sendiri di depan komputer ditemani secangkir kopi & lagu instrument...
Aku diam.. menikmati kesendirian ini. Banyak hal yg ingin aku tulis tapi masih belum jelas konsepnya.
Tapi banyak sekali yang berkecamuk di dalam pikiran ini.
Banyak pertanyaan yang ada di benak aku sekarang ini... aku tidak mau bertanya pada manusia aku ingin Tuhan sendiri yang memberi 'sesuatu' pada diriku.

Well, sebenarnya kali ini aku menulis benar2 dengan mengalir begitu saja... aku ingin aku menulis sesuatu tanpa konsep... aku ingin jari2ku terus bermain di atas tuts keyboard aku...

Nih aku masih saja terus mengetik... belum menemukan konsep yang jelas.. tapi aku akan coba menuangkannya ...
Sambil mengetik ini aku sebenarnya ingin menangis... entah kenapa ada hal yang menyesakkan dada ini, serasa ada sesuatu di dalam dada aku ini ingin pecah... sekarang perlahan mataku mulai membasah..... kenapa Tuhan koq aku merasa sedih yang luar biasa?
"Tuhan, bimbing terus aku, aku ingin menulis sesuatu yang ada di benakku ini"
....................................................... (diam sejenak)

Okay, lanjut ya... saat ini aku ingin menyampaikan betapa banyaknya manusia yang memanggil-maggil nama Tuhan, yang dari mulutnya keluar banyak firman tapi di dalam hidup kesehariannya apalagi dalam berhubungan dengan sesama hanyalah kemunafikkan saja.

Banyak kali kita diajarkan tentang KASIH..... kata2 sederhana... tapi sebenarnya mengertikah untuk sebagian besar orang apa yang disebut kasih itu?
Seperti aku dengar kata2 seperti ini "Hiduplah dalam kasih, sebab kasih itu indah, membawa damai, sukacita & harapan. Kasih adalah murah hati, tidak sombong, memaafkan, tulus, rendah hati...dan banyak lagi tentang kasih...
Lihat sebenarnya dari satu kata KASIH saja mencangkup demikian banyak hal...
Tapi berapa banyak orang yang benar2 mengerti tentang hal tersebut?
Fenomena yang aneh, begitu sering diucapkan tapi susah sekali menjalankannya bahkan mungkin tidak tahu arti sesungguhnya dari kata KASIH...

Kita coba telaah ya: Kasih itu murah hati... coba check ulang apa benar ada rasa kasih (=murah hati) di dalam hati kalian saat ada seseorang membutuhkan pertolongan darimu? Misalnya ia membutuhkan uang karena hal yg benar2 mendesak? Apa kalian baru berani memberi pertolongan pada orang tsb jika suatu hari kamu pikir ia akan ada gunanya buatmu? Atau ada keuntungan dari orang itu? Apakah ini yg dimaui Tuhan? Kasih itu murah hati & TANPA PAMRIH!

Kasih itu SABAR, benarkah selama ini kamu sabar akan segala hal? Terhadap semua orang?
Kasih itu TIDAK SOMBONG, benarkah kalian tidak merasa sombong dengan apa yg kalian punya, misalnya harta, rupa atau talenta yg kalian punya?
Kasih itu MEMAAFKAN, benarkah kalian sudah memaafkan semua orang yg berbuat salah terhadap kalian? Yg menjengkelkan kalian? Ada kata2 lucu yg pernah saya dengar, "Saya sudah memaafkan dia tapi saya tidak mau dekat2 dia lagi!" Hahaha... apa ini yg disebut memaafkan? Memaafkan itu...artinya semua kesalahan orang tersebut hilang.. dihapus dari ingatan kita kalau bisa!
Kasih itu LEMAH LEMBUT : Benarkah kita sudah bicara secara lemah lembut terhadap orang2 sekeliling kita... . Terhadap suami atau istri jika sedang bertengkar? Misalnya di jalan, ada yang mengesalkan kita saat kita mengemudi?
Okay itu selintas saja... tentang fakta yang ada....

Tahukah anda, betapa sedihnya Tuhan melihat hal2 seperti itu...
Tuhan tidak mau kemunafikkan, Tuhan benci akan hal itu...
Lebih baik, tidak usah terus menerus mengatakan tentang KASIH jika tidak mengerti tentang KASIH.
Buat apa kalau akhirnya malah menjadi batu sandungan buat orang2 sekitar kita?
Jangan kata KASIH menjadi bualan saja di mulut kita! JUST DO IT!
Rasakan dampak dari KASIH yg sesungguhnya....
Buat saya ... kata KASIH itu SANGAT LUAR BIASA...mencangkup banyak sekali hal2 kebaikkan.
Tuhan kita Tuhan yang benar2 pintar... hanya dengan satu kata tapi mengandung banyak sekali arti...
Benar2 Tuhan kita Tuhan yg hebat..
Coba deh ditulis di kertas sendri.. apa saja arti KASIH itu?
Saya sudah mencobanya... panjang sekali artinya....

Ada satu kalimat yang saya sangat suka sekali...
"TUhan mampu melakukan segala sesuatu bahkan hal yang mustahil sekalipun....
Hanya satu yang tak mampu IA lakukan, IA tak mampu berhenti MENGASIHI-ku..."
Hampir setiap kali aku membaca ini, aku pasti meneteskan air mata...
Aku merasa sangat berharga di mata-NYA dengan segala keadaanku...
Lihat! DIA sendiri tetap mengasihi kita dalam segala situasi...
apakah kita sebagai anak2NYA tidak mau belajar dari DIA?
YESUS adalah teladan bagi kita... kita harus mencontohnya... supaya kita pun menjadi teladan bagi keturunan & orang2 sekitar kita.

Yuk... kita lebih melakukan dengan benar apa yang disebut 'KASIH'..

By : THARIE LILY







No comments:

Post a Comment